Minggu, 29 September 2024

INFORMASI :

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Quisque semper tellus id quam sollicitudin, non congue enim bibendum.

Tradisi ladrag untuk memperingati 1 suro Desa Banjararjo

Tradisi ladrag untuk memperingati 1 suro Desa Banjararjo

Memperingati tahun baru Islam 1 Muharam 1446 Hijriyah/ 2024 masehi atau malam 1 suro, pemerintah Desa Banjararjo beserta masyarakat Desa Banjararjo Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen masih melestarikan tradisi ladrag atau Berjalan mengelilingi Desa, pada Senin malam, (8/7/2024).

Ladrag salah satu tradisi unik yang dilaksanakan salah satu desa di Kecamatan Ayah  yakni di Desa Banjararjo, tradisi ini sudah melekat turun temurun oleh masyarakat tersebut dalam menyambut 1 Muharam tahun baru Islam atau malam 1 suro, mereka mengadakan doa bersama dan berjalan mengelilingi batas-batas Desa dan dilanjutkan dengan kenduri di Balai Desa Banjararjo.

Ladrag ini mengelilingi batas-batas Desa oleh kepala Desa, pemerintah Desa dan juga sebagian masyarakat Desa Banjararjo dengan membawa kentongan, dilanjutkan dengan acara selametan atau keduri di area Balai Desa Banjararjo.

Ada pula kesenian kompangan juga digelar untuk meramaikan acara tersebut.

Selain daripada rasa syukur kepada Allah SWT tradisi ini adalah tradisi yang sudah berjalan turun temurun dan sudah dilakukan rutin setiap tahunnya oleh pemerintah Desa Banjararjo.
 
Samingan selaku kepala Desa Banjararjo menyampaikan terimakasih untuk seluruh masyarakat Desa Banjararjo yang sudah ikut berpartisipasi dan ikut meramaikan tradisi ladrag tersebut.

Yuli sebagai perwakilan pemerintah Desa mengungkapkan rasa senang karena tradisi didesa Banjararjo ini tetap berjalan di era zaman yang sudah canggih ini.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter